Generasi Ketujuh VW Passat Lebih Efisien

Kompas.com - 30/09/2010, 14:34 WIB
EditorBastian

PARIS, KOMPAS.com — Generasi ketujuh Volkswagen Passat hadir di ajang Paris Motor Show. Selain peningkatan kualitas, desain, performa, dan kenyamanan, Passat terbaru dengan mesin diesel TDI 1,6L ini diklaim merupakan generasi dengan konsumsi bahan bakar paling efisien.

Mesin bertenaga 105 PS ini memiliki paket BlueMotion yang menawarkan modifikasi aerodinamika, teknologi Stop/Start, dan pengisian ulang baterai regeneratif. Hasilnya, konsumsi bahan bakar yang mencapai 24,8 km/liter dengan emisi CO2 hanya 109 g/km atau lebih efisien 18 persen dibanding generasi sebelumnya. Hal ini memungkinkan untuk menempuh jarak 1.600 km dengan tangki diesel terisi penuh.

Mesin diesel lainnya TDI 2.0 L dengan pilihan output tenaga 140 PS dan 170 PS.

Sementara untuk mesin bensin, ada beberapa pilihan, mulai dari TSI 1,4 L bertenaga 122 PS dengan konsumsi bahan bakar 17,2 km/liter dengan emisi CO2 138 g/km. Kemudian ada TSI 1,8 L bertenaga 160 PS, TSI 2,0 L bertenaga 210 PS, dan V6 3,6 L yang bertenaga 300 PS. Semua pilihan mesin tersebut dapat dipadukan dengan transmisi manual atau otomatis berkopling ganda (DSG), sekaligus differential elektronik XDS yang untuk pertama kalinya tersedia bagi Passat.

Tak hanya soal efisiensi, penampilan Passat juga mendapat sentuhan lebih khas sesuai garis desain VW saat ini. Gril-nya tampil menarik dengan lampu utama yang mirip model-model terbaru VW dan memiliki jajaran lampu siang LED di bagian bawah. Di bagian belakang, lampu dengan sentuhan aksen krom berpadu serasi dengan desain sedan khas VW.

Penumpang mendapat tempat duduk dengan pemanas, bahkan kursi pijat jika diinginkan. Passat menjadi semakin mewah dengan beberapa sentuhan milik Phaeton di dashboard, termasuk penggunaan jam analog. Sayangnya, beberapa bagian lain hanya mendapat sedikit sentuhan dari generasi sebelumnya.

Fitur keselamatan yang menjadi salah satu poin keunggulan Passat adalah sistem rem otomatis yang merupakan bagian dari automatic distance control. Pada kecepatan 30 km/jam atau kurang, secara otomatis mobil akan melakukan pengereman saat mendeteksi ada pejalan kaki ceroboh di depan mobil. Fitur ini juga akan membuat mobil berakselerasi spontan untuk menghindari tabrakan belakang, saat sistem memperhitungkan terdapat ruang yang cukup untuk menghindar di bagian depan.

VW Passat mulai dijual pertengahan Oktober dengan pengiriman pertama ke konsumen pada Januari 2011.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X