Newmont Akan Eksplorasi Emas di Hutan Sumbawa

Kompas.com - 16/11/2010, 05:19 WIB
Editor

Mataram, Kompas - PT Newmont Nusa Tenggara, menurut rencana, memulai eksplorasi emas di Dusun Elang Dodo (Blok Elang), Desa Ropang, Kecamatan Ropang, Kabupaten Sumbawa, Pulau Sumbawa, tahun 2011. Izin pertambangan emas dari pemerintah sudah keluar sejak Oktober lalu.

Lokasi eksplorasi di kawasan hutan tersebut diperkirakan memiliki potensi mineral emas dan tembaga lebih besar dibandingkan dengan lokasi penambangan PT Newmont Nusa Tenggara (NNT) saat ini di Batu Hijau, Kabupaten Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB).

”Berapa besarnya, belum diketahui pasti karena masih perlu penelitian secara detail,” ujar Kasan Mulyono, Manajer Humas PT NNT di Benete, Desa Maluk, Sumbawa Barat, Senin (15/11).

Sebelumnya, Presiden Direktur PT NNT Martiono Hadianto di Mataram mengatakan, izin eksplorasi PT NNT berakhir tahun 2008 dan tidak sempat diurus karena berbagai persoalan. Tapi, tanggal 27 Oktober lalu PT NNT berhasil mengantongi izin eksplorasi untuk jangka waktu 20 tahun di Blok Elang dengan lahan 25.000 hektar dari 87.500 hektar konsesi lahan yang dimiliki PT NNT di Kabupaten Sumbawa dan Sumbawa Barat.

Menyinggung rencana eksploitasi tahun 2011, Martiono belum mau memberi komentar. Alasannya, harus menempuh beberapa ketentuan terlebih dahulu, seperti studi kelayakan dan analisis dampak lingkungan. (RUL)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.