Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Newmont Akan Eksplorasi Emas di Hutan Sumbawa

Kompas.com - 16/11/2010, 05:19 WIB

Mataram, Kompas - PT Newmont Nusa Tenggara, menurut rencana, memulai eksplorasi emas di Dusun Elang Dodo (Blok Elang), Desa Ropang, Kecamatan Ropang, Kabupaten Sumbawa, Pulau Sumbawa, tahun 2011. Izin pertambangan emas dari pemerintah sudah keluar sejak Oktober lalu.

Lokasi eksplorasi di kawasan hutan tersebut diperkirakan memiliki potensi mineral emas dan tembaga lebih besar dibandingkan dengan lokasi penambangan PT Newmont Nusa Tenggara (NNT) saat ini di Batu Hijau, Kabupaten Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB).

”Berapa besarnya, belum diketahui pasti karena masih perlu penelitian secara detail,” ujar Kasan Mulyono, Manajer Humas PT NNT di Benete, Desa Maluk, Sumbawa Barat, Senin (15/11).

Sebelumnya, Presiden Direktur PT NNT Martiono Hadianto di Mataram mengatakan, izin eksplorasi PT NNT berakhir tahun 2008 dan tidak sempat diurus karena berbagai persoalan. Tapi, tanggal 27 Oktober lalu PT NNT berhasil mengantongi izin eksplorasi untuk jangka waktu 20 tahun di Blok Elang dengan lahan 25.000 hektar dari 87.500 hektar konsesi lahan yang dimiliki PT NNT di Kabupaten Sumbawa dan Sumbawa Barat.

Menyinggung rencana eksploitasi tahun 2011, Martiono belum mau memberi komentar. Alasannya, harus menempuh beberapa ketentuan terlebih dahulu, seperti studi kelayakan dan analisis dampak lingkungan. (RUL)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com