Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiket Online Garuda Tak Terpengaruh

Kompas.com - 24/11/2010, 14:20 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Transisi sistem operasional Garuda Indonesia yang sempat mengakibatkan pembatalan sejumlah penerbangan tidak memengaruhi pemesanan tiket Garuda Indonesia baik rute penerbangan lokal maupun internasional. Khusus untuk penerbangan internasional, pelanggan Garuda Indonesia dapat memesan tiket secara online melalui situs www.garuda-indonesia.com.

"Apa pun yang dipesan, travel agent, ticketing, itu, apa pun bisa dipesan, its about booking and payment (ini masalah pemesanan dan pembayaran)," ujar Executive Project Manager E-commerce Garuda Indonesia Prijastono Purwanto saat peluncuran kerja sama Garuda Indonesia-Amadeus di Jakarta, Rabu (24/11/2010).

Dikatakan Prijastono, sistem baru Garuda, Integrated Operational Control System (IOCS), yang menyatukan sistem monitoring pergerakan pesawat, pergerakan awak kabin, dan jadwal penerbangan tersebut terpisah dari sistem transaksi, pemesanan tiket. Dengan demikian, kekacauan jadwal penerbangan yang berujung pada pembatalan penerbangan akibat transisi ke IOCS tersebut tidak memengaruhi pemesanan tiket.

Garuda Indonesia, kata Pri, sudah menerapkan sistem pemesanan tiket online, bekerja sama dengan perusahaan penyedia layanan teknologi asal Madrid, Amadeus. Sistem tersebut telah melalui uji coba selama enam bulan. "Desember 2009 sampai Mei 2010 dan itu (uji coba) mulus," katanya.

Meskipun demikian, Pri tidak dapat menjamin sistem pemesanan tiket online tersebut tidak akan bermasalah seperti transisi ke IOCS. "Sistem seperti itu pasti berisiko, tetapi telah mengikuti proses uji coba, kita mengikuti prosedur dengan baik, memang tidak ada jaminan, tetapi kita meminimalisir kerusakan itu," katanya.

Mengenai kekacauan penerbangan akibat transisi ke IOCS, Pri tidak dapat berkomentar. Hanya saja, yang dia tahu, saat ini Garuda Indonesia tengah memperbaiki sistem operasinya tersebut. "Masih dalam perbaikan sejak minggu kemarin," katanya. Sementara itu, informasi dari petugas Officer In Charge Bandara Internasional Soekarno-Hatta, armada Garuda Indonesia telah beroperasi normal sejak Senin (22/11/2010).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com