Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Richard Branson Bikin Majalah iPad

Kompas.com - 25/11/2010, 10:44 WIB

SAN FRANCISCO, KOMPAS.com — Langkah taipan media Rupert Murdoch yang akan meluncurkan media khusus iPad diikuti Sir Richard Branson. Kalau surat kabar Murdoch diberi nama The Daily, majalah digital Branson akan diberi nama Project.

Rencana Branson tersebut terungkap dalam undangan konferensi pers di New York minggu depan yang dikirimkan ke media, Rabu (24/11/2010). Dalam undangan tersebut, Branson menyatakan bahwa Project akan fokus mengupas topik hiburan, wisata, bisnis, desain, dan budaya.

Selama ini, Branson banyak dikenal sebagai pengusaha yang besar dari jaringan maskapai penerbangannya, Virgin Atlantic. Ia juga memiliki perusahaan telekomunikasi di bawah bendera Virgin. Bahkan, kini Branson tengah mempersiapkan layanan wisata penerbangan ke luar angkasa dan hotel antariksa melalui perusahaan Virgin Galactic.

Tidak disebutkan apakah majalah digital yang bisa dibaca di iPad tersebut akan dijual bebas atau hanya tersedia sebagai bagian dari layanan penerbangannya. Jika benar Project hanya khusus iPad, langkah Branson ini mungkin mendahului Murdoch yang belum mengungkap kapan The Daily akan dirilis.

Adapun Rupert Murdoch yang mengusai sejumlah media bisnis terkemuka di bawah kelompok bisnisnya, News Corp, sebelumnya yakin bahwa perangkat tablet seperti iPad dapat menyelamatkan nasib media cetak. Menurutnya, tablet memberi kesempatan bagi media untuk tetap mendapatkan penghasilan dengan bertransformasi dalam bentuk digital. Kalaupun oplah media cetaknya turun, penjualan media digital bisa naik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com