Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

China: 2011 Pertumbuhan Penjualan Mobil Mulai Mengendur

Kompas.com - 02/12/2010, 10:04 WIB

BEIJING, KOMPAS.com - Kalau 2009 dan 2010 pertumbuhan penjualan mobil China di atas 30 persen, seperti tancap gas di trek lurus, pada 2011 mulai melambat, seperti memasuki tikungan, diperkirakan tinggal 10 persen. Penyebabnya, Pemerintah mulai menghentikan insentif. Hal itu disimpulkan oleh J.D Power Asia-Pacific.

Berdasarkan hasil penelitian, jumlah kendaraan yang diproduksi di China tahun ini mencapai 18 juta unit atau meningkat 30 persen dari 2009. Zhu Ming, analis dari J.D. Power mengatakan, China berhasil dengan cepat merebut gelar sebagai negara dengan penjualan otomotif terbesar di dunia mengeser Amerika Serikat.

Pertumbuhan populasi mobil yang cepat ternyata menimbulkan dilema bagi pemerintah China. Pertama tentu saja kemacetan, polusi udara sampai ekspansi berlebih para produsen otomotif dunia di China.

"Saat ini kapasitas maksimum (utilisasi) industri (otomotif) cuma di bawah 75 persen. Produsen mobil domestik China dinilai masih bisa bertahan. Namun produsen besar justru terancam,” beber Zhu Ming. Kendati demikian, lima tahun ke depan, pertumbuhan pasar mobil di China akan terus berjalan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com