Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Luncurkan Etios Diesel pada Desember 2011

Kompas.com - 08/12/2010, 10:37 WIB

CHENNAI, KOMPAS.com — Kendati Etios, sedan murah Toyota di India, baru seminggu diluncurkan, telah muncul pula berita baru bahwa versi diesel-nya akan diperkenalkan pada Desember tahun depan. Demikian diinformasikan kantor berita India, Press Trust of India (PTI) dan The Economic Times, kemarin.

Mesin diesel kecil cukup mendapatkan sambutan di India. Maklum, konsumsi bahan bakarnya lebih irit, di samping juga lebih ramah lingkungan. Mobil kecil di India, seperti Hyundai 120 dan Suzuki Swift, memasarkan versi diesel-nya.

“Sekarang ini kami sedang melakukan studi. Diharapkan, Desember mendatang (akan diluncurkan),” beber Koji Nagata, Executive Managing Coordinator Toyota Kirloskar Motor. Dijelaskan pula, target melokalkan komponen Etios 90 persen akan dicapai pada 2012.

“Saat ini baru 70 persen. Jika kami sudah bisa menghasilkan mesin, (pelokalan komponen) akan menjadi 90 persen,” urai Nagata ketika meluncurkan sedan Etios di negara bagian Tamil Nadu.

Saat ini, Etios yang dipasarkan di India masih menggunakan mesin dan transmisi impor. Sebelumnya, Toyota Motor Corporation mengatakan, mesin Etios, berkapasitas 1,5 liter dan 1,2 liter, sudah bisa diproduksi di India pada kuartal ketiga 2012. Adapun versi hatchback Etios, Liva, akan muncul pada April 2011.

Saat ini, Toyota Kirloskar Motor mengaku sudah memperoleh 6.900 pesanan Etios dengan waktu tunggu paling lama 6 bulan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com