Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jumlah Wirausaha Masih 0,18 Persen

Kompas.com - 30/12/2010, 03:29 WIB

Jakarta, Kompas - Saat ini jumlah pelaku wirausaha baru sekitar 0,18 persen dari jumlah penduduk Indonesia 237 juta jiwa. Jumlah itu masih sangat rendah karena idealnya jumlah pelaku wirausaha sekitar 2 persen dari jumlah penduduk.

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Syarifuddin Hasan menyampaikan hal itu kepada wartawan seusai acara di Badan Pemeriksa Keuangan, Jakarta, Rabu (29/12).

”Jumlah wirausaha kita masih sedikit, sekitar 400.000 dari 237 juta penduduk. Di Amerika saja, jumlah wirausaha sekitar 9 persen dari jumlah penduduk,” kata Syarifuddin.

Dengan target satu persen dari jumlah penduduk, wirausaha di Indonesia akan mencapai 2,37 juta orang. Oleh karena itu, pemerintah akan memberikan bantuan dan dorongan agar wirausaha terus berkembang.

Syarifuddin menyebutkan, pemerintah terus meningkatkan peran UKM melalui program pemberdayaan. Tujuannya, UKM menjadi besar dan omzet terus berkembang.

Mengenai kredit usaha rakyat, Syarifuddin Hasan mengemukakan, sepanjang tahun 2010 sudah tersalur KUR sebesar Rp 15 triliun. Jumlah itu melampaui target, yakni Rp 13,1 triliun.

Beberapa waktu lalu, Ketua Umum Asosiasi Bank Pembangunan Daerah Winny Erwienda memaparkan, sebanyak 13 BPD menyalurkan KUR sebesar Rp 1,703 triliun per 30 November 2010. Jumlah itu mencapai 85,16 persen dari target KUR melalui BPD, yakni Rp 2 triliun. (IDR)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com