Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BTN Siapkan Strategi Hadapi Suku Bunga Bank

Kompas.com - 07/02/2011, 19:20 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Tabungan Negara (BTN) telah menyiapkan beberapa strategi menghadapi naiknya suku bunga bank dengan kebijakan bank Indonesia yang menaikkan suku bunga menjadi 6,75 persen.  BTN sebelumnya berjanji tidak akan menaikkan bunga kredit rumah terkait kebijakan tersebut.

Menurut Direktur Utama Bank Tabungan Negara, Iqbal Latanro strategi yang telah disiapkan pihaknya mencakup beberapa terobosan baru. "Terobosan yang kami lakukan harus bersaing tingkat bunga yang punya daya saing dengan bank-bank lain," kata Iqbal.

Terobosan lainnya, lanjut Iqbal, dengan memperluas jaringan dan lewat proses one day approval. "Dengan ini kami jadi lebih cepat dalam pemberian pembiayaan perumahan," ujarnya.

Inovasi baru dalam produk BTN, kata Iqbal menjadi terobosan ketiga. "Seperti yang dilihat dalam pameran BTN Property Expo 2011 ini, diikuti juga oleh pengusaha furniture dan elektronik. Ini untuk menunjang BTN ada program rumah beserta isinya," kata Iqbal.

Sementara menurut Ketua Umum Dewan Pembina Pusat (DPP) Real Estate Indonesia (REI) Teguh Satria, suku bunga bank secara umum mempengaruhi sektor supply dan demand dalam bidang properti. Untuk pembeli perumahan, suku bunga sangat mempengaruhi karena diatas 95 persen pembeli menggunakan KPR."Dengan naiknya BI rate, pengembang juga akan mengevaluasi karena konsumen turun. Tidak bijaksana kalau pengembang menaikkan harga rumah, yang ada memberi diskon," ujarnya. (Natalia Ririh)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com