Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Bogor Jamin Buruh Tak ke Jakarta

Kompas.com - 30/04/2011, 21:55 WIB

BOGOR, KOMPAS.com — Kapolresta Bogor Ajun Komisaris Besar Hilman menjamin, ribuan buruh di Bogor tidak akan mengalir ke Jakarta. "Bersama seluruh elemen masyarakat Bogor, 10.000 buruh akan merayakan hari buruh di kotanya sendiri," ucap Hilman seusai apel bersama petugas gabungan—polisi, TNI, dan satpol PP, Sabtu (30/4/2011).

Ia menjelaskan, acara perayaan akan dipusatkan di Lapangan Heulang, Tanah Sereal. Para buruh akan berangkat dari depan gedung balaikota menuju lapangan Heulang pukul 09.00 WIB. Di lapangan Heulang telah disiapkan panggung gembira dan acara kerja bakti.

Hilman memaparkan, saat ini di Bogor ada 12 pabrik yang buruhnya tergabung dalam tiga organisasi buruh, yaitu Serikat Pekerja Nasional (SPN), Himpunan Pekerja Goodyear (HPG), dan Himpunan Pekerja Pabrik Mebel.

Anggota SPN umumnya bekerja di delapan pabrik garmen. Jumlah mereka 4.500 orang, sedangkan jumlah anggota HPG 1.500 orang. Jumlah karyawan pabrik mebel yang kebanyakan adalah pekerja pabrik mebel dari perusahaan mebel Olympic 2.500 orang.

"Jumlah ini belum termasuk buruh outsourching yang ada di Bogor. Oleh karena itu, saya perkirakan jumlah seluruh buruh yang akan merayakan hari buruh sekitar 10.000 orang," ungkap Hilman.

Ia mengatakan, agar perayaan hari buruh aman, dikerahkan petugas keamanan gabungan. Mereka terdiri dari satu SSK (satuan setingkat kompi, sekitar 100 anggota) Brigade Mobil Polda Jawa Barat (Jabar), satu SSK Pengendalian Masa Polda Jabar, satu SSK Yon Infanteri 315, dan satu SSK anggota Kodim 0606.

Ia mengingatkan, perayaan hari buruh di Bogor tidak bermaksud mengebiri hak buruh bersuara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com