SBY Gagal Sejahterakan Buruh?

Kompas.com - 01/05/2011, 08:06 WIB
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com — Memperingati Hari Buruh Sedunia (May Day) pada 1 Mei ini, para buruh Indonesia menegaskan sudah saatnya kaum buruh bersatu secara serius untuk mencari solusi persoalan buruh yang begitu kompleks selama ini.

"Di mana kita rasakan bersama bahwa pemerintahan SBY (Susilo Bambang Yudhoyono) telah gagal untuk meningkatkan kesejahteraan buruh dan perlindungan terhadap buruh," kata Ketua Umum Forum Serikat Pekerja (FSP) BUMN Bersartu Arief Puoyono dalam rilisnya ke Tribunnews.com di Jakarta.

Dia mengatakan, hampir 66 tahun bangsa Indonesia merdeka ternyata sebagian besar kaum buruh belum bisa mengecap inti kemerdekaan, yaitu kesejahteraan. "Padahal, kontribusi kaum buruh bagi pembangunan tidaklah dapat dianggap sebelah mata. Bahkan, dapat dikatakan kalau tulang punggung pembangunan adalah kaum buruh. Namun, yang didapat kaum buruh sungguh sangat jauh dari harapan," ujarnya.

Arief mengatakan, kesejahteraan yang rendah, perlindungan terhadap buruh, dan terus menurunnya tingkat kepastian bekerja serta pemerintahan SBY makin menggila untuk melakukan obral murah-murah BUMN. "Ini semua adalah persoalan pokok yang melilit kaum buruh selama ini," imbuhnya.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.