Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenaikan Harga Telur Tertinggi

Kompas.com - 05/07/2011, 18:19 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Berdasarkan pantauan Kementerian Perdagangan, kenaikan harga tertinggi terjadi pada telur ayam ras. Harga rata-rata nasionalnya pada bulan Juli tercatat Rp 17.550 per kilogram, sementara pada Mei Rp 15.862 per kg. Kenaikan tinggi juga terjadi pada bawang merah. Pada bulan Mei harganya Rp 18.401 per kg, sementara pada Juli naik menjadi Rp 20.895 per kg.

Tren kenaikan harga juga terjadi pada beras, cabe merah keriting, dan kacang tanah. Harga rata-rata nasional beras kualitas medium bulan Juli tercatat Rp 7.208 per kg, atau naik Rp 168 dibandingkan harga bulan Mei. Stok beras di Pasar Induk Beras Cipinang per 3 Juli mencapai 21.242 ton. Dibandingkan stok pada periode sama tahun 2010, maka stok saat ini turun 31,16 persen.

Direktur Bahan Pokok dan Barang Strategis Direktorat Perdagangan Dalam Negeri, Kemendag, Retno Rukmawati, di Jakarta, Selasa (5/7/2011), mengatakan, kenaikan harga telur dan daging ayam dipengaruhi peralihan musim yang menimbulkan kematian dalam jumlah relatif besar. Kematian tersebut membuat produksi telur berkurang.

Hal sama juga terjadi pada bawang merah. Panen raya di sentra utama Brebes, katanya, mundur sehingga pasokan terganggu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com