Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penumpang KA Lebaran Turun 22,49 Persen

Kompas.com - 08/09/2011, 11:23 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com —Menteri Perhubungan Freddy Numberi menginformasikan, jumlah penumpang kereta api dari H-7 sampai H+7 Lebaran 2011 turun sebesar 22,49 persen dari 2,25 juta penumpang menjadi 1,75 juta penumpang.

”Secara umum, jumlah penumpang yang naik angkutan umum pada tahun 2011 naik sebesar 2,58 persen dibandingkan tahun lalu, yakni dari 13,31 juta orang menjadi 13,65 juta orang,” kata Freddy, Kamis (8/9/2011) dalam Penutupan Pos Koordinasi Tingkat Nasional Angkutan Lebaran Terpadu.

PT Kereta Api Indonesia (KAI) tahun ini memang sangat ketat dalam mengangkut penumpang. Dengan sistem boarding yang diterapkan oleh PT KAI, maksimal penumpang yang diangkut hanya 150 persen dari kapasitas kereta.

Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono mengemukakan, terjadi pergeseran pola angkutan kereta api dalam Lebaran 2011 ini. ”Pada masa arus balik ini kereta tetap padat hingga H+11 tak seperti tahun-tahun sebelumnya. Kereta juga dinanti karena lebih murah harga karcisnya,” katanya.

Menhub berharap supaya kapasitas kereta kembali meningkat pada tahun 2013. Itu seiring dengan pembangunan jalur rel ganda Cirebon-Semarang-Surabaya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com