Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Karena Eropa, Wall Street Masih "Tertekan"

Kompas.com - 10/09/2011, 10:12 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com - Mayoritas saham di bursa Amerika Serikat mengalami tekanan pada Jumat (9/9/2011) malam tadi. Wall Street cemas atas krisis utang Eropa yang kian memburuk.

Kondisi tersebut ditunjukkan dengan indeks Standard Poor's 500 yang turun 2,7 persen menjadi 1.154,23, pada pukul 16.00 waktu New York. Ini merupakan level paling rendah sejak 22 Agustus lalu.

Sementara itu, indeks Dow Jones Industrial Average turun 2,7 persen menjadi 10.992,13. Sektor finansial merupakan sektor yang paling tertekan akibat kecemasan akan krisis utang Eropa yang kian memburuk.

Sejumlah saham yang pergerakannya mempengaruhi bursa AS, yaitu JPMorgan Chase Co dan Citigroup Inc melorot masing-masing sebesar 4,2 persen. Kondisi serupa juga terjadi pada Chevron Corp yang turun 3,2 persen, Alcoa Inc turun 3,2 persen, dan McDonald's Corp turun 4 persen.

"Saat ini kita tengah menghadapi krisis kepercayaan. Ada kemungkinan Yunani mengalami default. Banyak yang berpikir, Jerman akan membantu Yunani. Tapi, Jerman tengah berupaya mengatasi masalahnya sendiri, sehingga tidak bisa menjadi dewa penyelamat Yunani," jelas Matt McCormick, Money Manager Bahl Gaynor Inc, seperti yang dikutip oleh Bloomberg. (Barratut Taqiyyah)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com