Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hatta: Harga BBM Harus Dilihat dari Banyak Sisi

Kompas.com - 15/09/2011, 11:49 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa menyampaikan, perlu melihat dari banyak sisi dalam memperhitungkan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi. Jadi, untuk memutuskan kenaikan harga BBM tidak bisa terburu-buru. "Ya, kalau kita di dalam melihat kenaikan (harga) BBM, tidak bisa hanya melihat sisi fiskal saja. Tapi harus kita lihat dari sisi makro dan sektor riilnya, (yaitu) seberapa jauh dampaknya terhadap inflasi, seberapa jauh dampaknya terhadap daya beli, (dan) seberapa jauh terhadap second wave dari inflation," ungkap Hatta, di DPR, Kamis (15/9/2011).

Menurut Hatta, terkadang penyesuaian tidak sesuai dengan kenaikan harga BBM yang seharusnya. Ia pun mencontohkan, salah satunya adalah kenaikan ongkos transportasi. "Secara teoritis, menaikkan (harga) BBM Rp x, maka seharusnya ongkos transpor naiknya 0,x. (Lalu) kalikan sekian, maka naiknya sekian. Itu juga pada kenyataan di lapangan, (kenaikan ongkos) jauh di atas itu," ujar dia.

Hal-hal seperti itu yang, menurutnya, harus diperhitungkan pemerintah. "Harus kita hitung semuanya. Jadi saya tidak ingin mengatakan terlebih dahulu (atau) terburu-buru soal (kenaikan harga BBM) seperti apa," tegas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com