Forum Investasi ASEAN Dibuka Hari ini

Kompas.com - 16/11/2011, 09:58 WIB
|
EditorMarcus Suprihadi

NUSA DUA, KOMPAS.com- Pertemuan antara kepala badan investasi se-ASEAN, yakni ASEAN Investment Forum, akan dimulai hari ini di Nusa Dua, Badung, Bali, Rabu (16/11/2011). Kegiatan yang digelar Badan Koordinasi Penanaman Modal sebagai focal point Indonesia untuk bidang investasi ini adalah salah satu side event rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN ke-19.

ASEAN Investment Forum diselenggarakan dengan tujuan untuk menyiapkan institusi penanaman modal dalam memperbaiki iklim investasi di kawasan Asia Tenggara sehingga mendukung terciptanya free flow of investment dalam rangka mewujudkan ASEAN sebagai pasar tunggal dan basis produksi, yang merupakan salah satu komponen dari Komunitas Ekonomi ASEAN 2015.

"Sampai saat ini kinerja investasi ASEAN telah menunjukkan hasil yang sangat baik dalam kurun waktu terakhir terutama pascakrisis keuangan global pada tahun 2008," kata Deputi Bidang Kerja Sama Penanaman Modal BKPM, Achmad Kurniadi, kepada pers di Tanjung Benoa, Badung, Selasa (15/11/2011) malam.

Menurut Achmad, forum ini merupakan sarana pertukaran informasi dan pengalaman antar Negara A nggota ASEAN tentang konsep dan praktek kegiatan promosi dan fasilitasi investasi di masing-masing negara.

"Diharapkan dari forum ini akan muncul berbagai langkah-langkah konkrit yang dapat dilaksanakan guna meningkatkan mutu kelembagaan penanaman modal dan selanjutnya meningkatkan peran penanaman modal bagi pembangunan nasional," kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.