Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ubah Cara Pandang terhadap Warga Papua!

Kompas.com - 16/11/2011, 15:50 WIB
Sandro Gatra

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Pemerintah harus mengubah cara pandang terhadap warga Papua agar permasalahan berkepanjangan di Papua dapat diselesaikan. Pasalnya, hingga saat ini pemerintah masih memandang miring warga Papua sehingga berbagai permasalahan terus muncul.

Desakan itu disampaikan Wakil Ketua Komnas HAM Rida Saleh, Koordinator Kontras Haris Azhar, dan putra daerah Papua yang juga aktivis Kontras, Dorus Wakum, saat rapat dengar pendapat dengan Komisi I di kompleks Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Rabu (16/11/2011).

Rida menilai, pemerintah selama ini merendahkan warga Papua. Ketika mengatasi permasalah di Papua, pemerintah lebih mengedepankan pendekatan militer dengan pengerahan pasukan. Operasi militer itu menimbulkan banyak kasus kekerasan dan pelanggaran hak asasi manusia (HAM).

Haris mengatakan, pemerintah memandang diskriminatif warga Papua. "Semua orang Papua dipandang separatis," kata Haris. Akibatnya, tidak ada kepercayaan warga Papua terhadap pemerintah.

Penilaian senada disampaikan Dorus. "Tidak ada penghargaan martabat manusia Papua dari pemerintah termasuk penghormatan HAM. Pemerintah selalu menganggap kami orang terpinggir. Tolong anggap kami sebagai manusia yang bermartabat," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com