Jakob Oetama: Negara Asia Sekarang Unjuk Gigi

Kompas.com - 12/12/2011, 10:58 WIB
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Pimpinan Umum Kompas Gramedia Jakob Oetama, menyebutkan negara-negara di wilayah Asia sekarang bisa unjuk diri. Menurut dia, ini merupakan fenomena menarik yang sekarang banyak diperbincangkan publik.

"Bahwa telah terjadi perubahan perkembangan yaitu tampilnya negara-negara Asia tidak terkecuali Asia Tenggara. Kita rasakan, kita melihat gejala-gejala positif di Asia Tenggara," ujar Jakob dalam sambutannya di acara KOMPAS100 CEO Forum, yang berlangsung di Ballroom Hotel Kempinski, Jakarta, Senin ( 12/12/2011 ).

Jakob menuturkan, salah satu yang mengangkat hal itu adalah buku Asia Hemisfer Baru Dunia karangan Kishore Mahbubani yang peluncurannya baru dilakukan beberapa waktu lalu di Kompas Gramedia. Dalam buku itu diterangkan bahwa Indonesia sebagai pemimpian ASEAN berhasil menempatkan diri sebagai mediator hingga menjadi pusat gravitasi dalam percaturan geopolitik pascahegemoni adidaya Amerika Serikat.

Baiknya kondisi Asia, khususnya Indonesia, menjadi acuan bagi acara KOMPAS100 CEO Forum kali ini. Acara ini pun mengangkat tajuk "Perekonomian Indonesia 2012 ." "Pertemuan yang menurut saya sangat tepat timingnya," tambah Jakob.

Di mana, terang dia, acara akan diisi oleh para CEO dari berbagai perusahaan yang telah secara konkrit melakukan perbuatan, mendapatkan hasil, dan pemecahan persoalan yang akhirnya mereka dapat menghasilkan momentum yang positif.

Sejumlah pembicara yang hadir dan memberikan pemaparan diantaranya Deputi Gubernur BI, Hartadi A Sarwono, Dirut BNI Gatot M Suwondo, hingga Dirut PT Astra International Tbk, Prijono Sugiarto.

Jakob pun berterima kasih karena Kompas diberikan kepercayaan dalam menyelenggarakan acara ini. "Saya atas nama rekan-rekan saya mengucapkan syukur pada yang Maha Kuasa, terima kasih kepada BNI, terima kasih kepada para pendukung dan hadirin," sebut dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.