Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kontingen Garuda XX-I/MONUSCO Berangkat ke Kongo

Kompas.com - 16/12/2011, 13:51 WIB
Edna C Pattisina

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Panglima TNI Laksamana TNI Agus Suhartono, SE melepas Satuan Tugas Zeni (Kizi) TNI Kontingen Garuda (Konga) XX-I/MONUSCO (Mission de I'Organisation de republic des Nation Unies Pour la Stabilisation en Republique Democratique du Congo), di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Jumat (16/12/2011). 

Penugasan yang akan diemban nanti merupakan tugas yang bersifat khusus di bidang konstruksi, logistik dan mine clearance (jihandak) di wilayah yang serba kekurangan akibat konflik bersenjata yang berkepanjangan.

Untuk itu para prajurit TNI yang akan bertugas diharapkan dapat menjunjung tinggi kehormatan dan kepercayaan dunia internasional dengan menunjukkan prestasi, kinerja dan dedikasi yang tinggi dengan senantiasa memperhatikan aturan yang berlaku sebagaimana telah ditunjukkan oleh Satgas - Satgas Kompi Zeni TNI sebelumnya, demikian disampaikan Panglima TNI.  

TNI berhasil membangun dan merehabilitasi jalan antara Dungu - Faradje sepanjang kurang lebih 147 km dibangun dengan menembus banyak rintangan dan hutan belantara.  

Prajurit TNI juga berhasil mengatasi ancaman kelompok bersenjata yang akan merampok masyarakat di jalan lintas Dungu - Faradje pada tanggal 25 dan 26 April 2011 yang lalu. Hal ini berkaitan bahwa sesungguhnya kesejahteraan serta rasa aman dan adil merupakan salah satu alternatif penyelesaian konflik yang utama.    

Keikutsertaan Satgas Zeni TNI di Kongo pertama kali dimulai pada tahun 2003, saat itu misi di Kongo masih bernama  MONUC (Mission de I'Organisation des Nations Unies en Republique Democratique du Congo) dan kemudian pada tahun 2010 berubah menjadi MONUSCO sampai dengan saat ini.

Satgas Kizi TNI Konga XX-I/Monusco ini akan menggantikan Satgas Konga XX-H/Monusco yang masa tugasnya berakhir pada bulan Desember 2011. Direncanakan Satgas akan berangkat  dari Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta pada tanggal 19 Desember 2011 pukul 21.00 WIB. 

Satgas Kizi TNI Konga XX-I/Monusco dikomandani oleh  Letnan Kolonel Czi Sapto Widhi Nugroho dan terdiri dari TNI AD 142 orang dari Yon Zipur-4/TK, TNI AL 20 orang, TNI AU 5 orang dan Mabes TNI 8 orang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com