Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SMGR Tertarik Kuasai Semen Baturaja

Kompas.com - 24/01/2012, 15:35 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — PT Semen Gresik Tbk (SMGR) ternyata masih tertarik untuk menguasai mayoritas saham di PT Semen Baturaja. Rencana ini akan dilakukan berbarengan dengan keinginan Semen Baturaja untuk penawarkan saham perdana alias initial public offering (IPO).

"Kami maunya jadi mayoritas dan kami lihat dulu harga IPO mereka," kata Direktur Utama PT Semen Gresik Tbk Dwi Soetjipto saat ditemui di Jakarta, Selasa (24/1/2012). Walaupun masih akan melihat harga penawaran saham perdana Semen Baturaja, SMGR ternyata tidak berniat mengambil porsi yang ditawarkan dalam IPO tersebut.

"Terlalu kecil kalau kita ambilnya lewat IPO," ungkap Dwi. Sayang, ia masih enggan menyebut berapa dana yang disiapkan perusahaannya untuk mengambil jatah di Semen Baturaja tersebut karena semuanya masih tergantung pemerintah.

Perusahaan pelat merah itu pun tengah mencari pendanaan terkait rencana pembangunan dua pabrik baru pada akhir 2012. "Untuk membangun keduanya, total dana yang dibutuhkan mencapai Rp 7 triliun, tetapi paling yang kami cari sekitar Rp 4 triliun," tuturnya.

Untuk itu, SMGR tengah mengkaji opsi penerbitan obligasi dan pinjaman perbankan. Dwi pun mengisyaratkan komposisi antara pinjaman dan penerbitan obligasi berdenominasi rupiah tersebut adalah 50:50. (Anna Suci Perwitasar/Kontan)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com