Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisruh Baterai, Hewlett-Packard Bayar Klaim

Kompas.com - 26/01/2012, 13:21 WIB

KOMPAS.com - Hewlett-Packard (HP) akan membayar sebesar 425 ribu dollar AS. Hal ini sebagai penyelesaian atas gugatan adanya produk dengan baterai berbahaya yang dijual perusahaan tersebut.

Penyelesaian ini diumumkan oleh Komisi Keamanan Produk Konsumen AS. Menurut komisi tersebut, 22 insiden baterai berbahaya diketahui pada September 2007 namun baru dilaporkan 10 bulan kemudian.

"Setidaknya dua kasus menyebabkan kecelakaan, yang menyebabkan konsumen harus dilarikan ke rumah sakit," sebut pernyataan dari komisi tersebut.

Pihak HP mengatakan bahwa mereka menyetujui kesepakatan penyelesaian itu, namun membantah bahwa ada pelanggaran aturan maupun risiko besar (seperti kematian atau luka parah) dari baterai tersebut.

Kisruh baterai ini terkait risiko overheat pada baterai Lithium-Ion tertentu. Pada Oktober 2008, HP menarik 32.000 baterai (battery packs) yang dianggap bermasalah.

Dalam waktu yang hampir sama, Dell dan Toshiba juga melakukan penarikan baterai mereka. Seluruh baterai yang ditarik adalah buatan Sony.

Komisi tersebut mengatakan masih ingin mendengar laporan dari konsumen terkait insiden baterai maupun produk sejenis. Hal itu bisa dilakukan melalui situs SaferProducts.gov.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com