Edward: Tidak Mungkin Tiap Hari Semua Pilot Tes Urine

Kompas.com - 04/02/2012, 19:42 WIB
EditorI Made Asdhiana

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Umum Lion Air, Edward Sirait, ketika dikonfirmasi Tribunnews.com, Sabtu (4/2/2012), mengatakan prihatin dengan tertangkapnya pilot Lion Air di Surabaya terkait penggunaan narkoba.

"Kalau kaitannya dengan perbuatan bersangkutan, itu sifatnya perorangan yang juga kita tidak inginkan terjadi seperti itu," kata Edward.

Seperti diketahui, petugas Badan Narkotika Nasional (BNN) kembali melakukan penangkapan terhadap seorang pilot Lion Air berinisial SS, di Hotel Garden Palace, Surabaya, Jawa Timur, pada Sabtu (4/2/2012) pukul 03.30 WIB. Sebelumnya pada 10 Januari 2012, BNN juga menangkap pilot dari maskapai yang sama sedang mengisap sabu di sebuah tempat karaoke di Makassar.

Menurut Edward pihaknya sudah berupaya maksimal melakukan upaya untuk mencegah pilot menggunakan narkoba misalnya dengan rutin melakukan tes urine.

Namun Edward mengatakan tidak mungkin tes urine dilakukan terhadap seluruh pilot. "Dites sampling saja. Di dunia ini tidak ada maskapai penerbangan mana pun yang bisa tes urine seluruh pilotnya setiap hari," kata Edward.

Selain itu manajemen Lion Air juga selalu mengingatkan agar seluruh awak pesawat termasuk pilot tidak menggunakan narkoba atau mengonsumsi minuman keras. "Kita sudah tetapkan itu dalam perjanjian kerja," tambah Edward. (Tribunnews/Hasanuddin Aco)

Baca tentang


    25th

    Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X