Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lion Air Beli 4 Pesawat Hawker 900 XP

Kompas.com - 15/02/2012, 16:08 WIB
Haryo Damardono

Penulis

SINGAPURA, KOMPAS.com- Bertepatan berlangsungnya Singapore Airshow pada hari Rabu (15/2/2012), maskapai Lion Air menantangani perjanjian kontrak kerjasama pengadaan empat unit pesawat jenis Hawker 900 XP. Penandatanganan perjanjian tersebut langsung dilakukan oleh Rusdi Kirana sebagai Direktur Utama Lion Air dengan Daniel Keady selaku Vice President Sales Asia Pacific & India yang mewakili Hawker Beechcraft Corporation USA.

Nilai pembelian diper kirakan bernilai 64 juta dollar Amerika, atau setara Rp 576 miliar. Kontrak pengadaan yang ditandatangani terkait pengadaaan dua pesawat merupakan pengadaan pasti dan untuk dua pesawat merupakan pengadaan opsi.

Pesawat Hawker 900 XP merupakan pesawat baru keluaran pabrik tahun 2012, dengan jenis Bisnis Jet berkapasitas 11 orang termasuk awak pesawat. Pesawat ini digerakan oleh mesin twin turbofan engine type TFE731-50R. yang mampu terbang selama 6 (enam) jam non stop dengan kebutuhan landasan yang tidak terlalu panjang.

"Pesawat ini dapat terbang dengan efisien dan dengan biaya perawatan yang juga cukup efisien," kata Direktur Umum Lion Air, Edward Sirait, Rabu ini.

Pesawat ini dapat terbang pada ketinggian 12.400 meter dari permukaan laut dengan jarang tempuh maksi mal 5.213 kilo meter, sehingga dapat terbang non stop dari Jakarta ke Timika atau Jayapura atau dari Jakarta langsung ke Hongkong.

Pembelian pesawat dimaksudkan sebagai pengembangan usaha Lion Air untuk dapat melayani kebutuhan akan penerbangan khusus atau carter. Permintaan akan penerbangan borongan khusus belakangan ini meningkat, sejalan dengan pertumbuhan dan pengembangan dunia usaha nasional yang telah melebarkan wilayah operasinya ke berbagai wilayah Nusantara .

Sehingga, apabila pimpinan perusahaan-perusahan tersebut ingin bepergian tanpa terikat dengan jadwal penerbang an komersial sudah dapat melakukan perjalanan sesuai dengan waktu yang dibutuhkan, tentunya dengan pelayanan khusus. Lion Air akan mulai memasarkan pelayanan penerbangan khusus i ni mulai bulan Maret Tahun 2012.

 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com