Lion Air Beli 4 Pesawat Hawker 900 XP

Kompas.com - 15/02/2012, 16:08 WIB
|
EditorMarcus Suprihadi

SINGAPURA, KOMPAS.com- Bertepatan berlangsungnya Singapore Airshow pada hari Rabu (15/2/2012), maskapai Lion Air menantangani perjanjian kontrak kerjasama pengadaan empat unit pesawat jenis Hawker 900 XP. Penandatanganan perjanjian tersebut langsung dilakukan oleh Rusdi Kirana sebagai Direktur Utama Lion Air dengan Daniel Keady selaku Vice President Sales Asia Pacific & India yang mewakili Hawker Beechcraft Corporation USA.

Nilai pembelian diper kirakan bernilai 64 juta dollar Amerika, atau setara Rp 576 miliar. Kontrak pengadaan yang ditandatangani terkait pengadaaan dua pesawat merupakan pengadaan pasti dan untuk dua pesawat merupakan pengadaan opsi.

Pesawat Hawker 900 XP merupakan pesawat baru keluaran pabrik tahun 2012, dengan jenis Bisnis Jet berkapasitas 11 orang termasuk awak pesawat. Pesawat ini digerakan oleh mesin twin turbofan engine type TFE731-50R. yang mampu terbang selama 6 (enam) jam non stop dengan kebutuhan landasan yang tidak terlalu panjang.

"Pesawat ini dapat terbang dengan efisien dan dengan biaya perawatan yang juga cukup efisien," kata Direktur Umum Lion Air, Edward Sirait, Rabu ini.

Pesawat ini dapat terbang pada ketinggian 12.400 meter dari permukaan laut dengan jarang tempuh maksi mal 5.213 kilo meter, sehingga dapat terbang non stop dari Jakarta ke Timika atau Jayapura atau dari Jakarta langsung ke Hongkong.

Pembelian pesawat dimaksudkan sebagai pengembangan usaha Lion Air untuk dapat melayani kebutuhan akan penerbangan khusus atau carter. Permintaan akan penerbangan borongan khusus belakangan ini meningkat, sejalan dengan pertumbuhan dan pengembangan dunia usaha nasional yang telah melebarkan wilayah operasinya ke berbagai wilayah Nusantara .

Sehingga, apabila pimpinan perusahaan-perusahan tersebut ingin bepergian tanpa terikat dengan jadwal penerbang an komersial sudah dapat melakukan perjalanan sesuai dengan waktu yang dibutuhkan, tentunya dengan pelayanan khusus. Lion Air akan mulai memasarkan pelayanan penerbangan khusus i ni mulai bulan Maret Tahun 2012.

 

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.