Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Danamon Sediakan Pembiayaan Komoditas

Kompas.com - 10/04/2012, 23:50 WIB
Anastasia Joice

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- PT Bank Danamon Indonesia Tbk menjalin kerja sama dengan PT Sucofindo dan PT Bhanda Ghara Reksa sebagai pengelola agunan dalam produk terbaru Danamon, Trade Commodity Finance. Penandatanganan kerja sama dilakukan di Jakarta, Selasa (10/4/2012).

Produk baru ini merupakan pembiayaan perdagangan komoditas, seperti minyak kelapa sawit (crude palm oil/CPO), batubara, karet, kopi, dan lain-lain. Produk pembiayaan ini menawarkan kemudahan bagi para pelaku industri komoditas karena dapat memberi fasilitas kredit hanya dengan menggunakan inventaris komoditas mereka sebagai agunan, tanpa perlu menjadikan aset mereka sebagai agunan.

"Sebagai negara yang kaya akan sumber daya alam dan juga aktif dalam perdagangan komoditas, industri komoditas Indonesia adalah salah satu penggerak utama perekonomian nasional. Namun tidak banyak bank di Indonesia yang memiliki keahlian dalam pembiayaan perdagangan komoditas, karena tingkat kesulitan dalam melakukan monitoring dan adanya volatilitas dalam harga komoditas. Oleh karena itu, Danamon menghadirkan produk Trade Commodity Finance dengan menggandeng Sucofindo dan Bhanda Ghara Reksa yang memiliki pengalaman dan keahlian dalam pengelolaan agunan," kata Pradip Chhadva, Direktur Danamon, dalam acara Penandatanganan Memorandum of Understanding, Collateral Management Partnership dengan Sucofindo dan Bhanda Ghara Reksa di Jakarta, Selasa.

Produk Trade Commodity Finance memberi kemudahan untuk para nasabah yang bergerak di bidang perdagangan komoditas. Melalui produk ini, nasabah dapat memperoleh fasilitas kredit hanya dengan menjadikan komoditas yang berada dalam inventaris mereka sebagai agunan, sehingga mereka tidak perlu mempersiapkan aset-aset mereka seperti fasilitas produksi atau lahan perkebunan untuk dijadikan agunan.

Hal ini dimungkinkan berkat kerja sama dengan Sucofindo dan Bhanda Ghara Reksa yang akan mengelola agunan dalam bentuk komoditas tersebut. Dengan skema pembiayaan ini, pelaku industri dapat meningkatkan volume perdagangan tanpa harus menunggu tambahan modal baru.

Danamon menawarkan produk Trade Comodity Finance sejak Februari 2012 dan produk ini dapat diperoleh di seluruh cabang Danamon.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com