Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Mau kalah dengan Lion, Garuda Datangkan PM Inggris

Kompas.com - 11/04/2012, 12:47 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Garuda tampaknya tidak mau kalah dengan Lion. Jika Lion beberapa waktu lalu sukses mendatangkan Presiden AS Barack Obama untuk menyaksikan penandatanganan kontrak pembelian pesawat B737 MAX di Bali, Garuda mendatangkan PM Inggris David Cameron untuk menyaksikan penandatangan kontrak pembelian 11 pesawat A330-300 dengan pihak airbus.

Penandatangan itu akan dilaksanakan Rabu (11/4/2012) di Istana Negara. Inggris merupakan salah satu pemegang saham dari EADS, perusahaan induk dari pabrikan Airbus yang memproduksi pesawat tersebut.

Jika merujuk pada harga resmi di airbus, total kontrak itu bernilai 2,5 miliar dollar AS. Namun kenyataannya akan turun karena ada diskon. "Hari ini juga akan kita bahas berapa diskonnya," ujar Direktur Keuangan Garuda, Elisa Lumbantoruan yang ikut menyambut kedatangan PM David Cameron di bandara Halim Perdanakusuma.

Menurut Elisa, dalam pembelian ini garuda mendapat dukungan sindikasi perbankan nasional untuk menyediakan uang muka. "Selain itu juga ada dana dari kas internal dan dana investasi dari hasil IPO," ujar Elisa lagi. Pesawat A330-300 yang akan datang pada 2014-2017 itu, menurut Elisa akan dipakai untuk menerbangi rute-rute di Asia Pasifik. Misalnya dari Jakarta menuju Sidney, Melbourne, Seoul, Taiwan, India dan sebagainya. (Gatot R)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com