Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga BUMN Bergandengan Produksi "Solar Cell"

Kompas.com - 19/04/2012, 20:56 WIB
Ester Meryana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Deputi Bidang Infrastruktur dan Logistik Kementerian BUMN, Sumaryanto Widayatin, mengatakan, tiga Badan Usaha Milik Negara (BUMN) akan membentuk usaha patungan memproduksi solar cell.

Ia pun berharap nantinya produksi ketiga BUMN tidak hanya memenuhi pasar lokal tetapi juga bisa diekspor. "Solar cell ini adalah future energi primer yang akan berlanjut karena dikasih gratis dari Tuhan. Kenapa enggak kita mulai. Yang kita mulai cuma 10 persen dari merakit saja," terang Sumaryanto, di Jakarta, Kamis (19/4/2012).

Ia mengatakan, Indonesia sanggup memproduksi solar cell karena mempunyai bahan baku, yakni pasir kuarsa, yang berlimpah. Indonesia disebut punya pasir kuarsa hingga 75 miliar ton.

"Jadi ke depan kita harus berani investasi itu dan kita harus ekspor solar cell itu," tegas dia.

Untuk memproduksi solar cell, Sumaryanto menyebutkan diperlukan tiga BUMN dengan bentuk usaha patungan. Tiga BUMN tersebut yakni PLN, Wijaya Karya (Wika), dan Jasa Marga.

"Kalau kebanyakan (BUMN) nanti repot. Ya sudah 3 itu dulu," sebutnya.

Sekarang ini, kata dia, Wika masih dalam tahap merakit solar cell yang dibeli dari luar. Dengan kata lain, Wika hanya menikmati 10 persen nilai tambah di hilirnya.

Untuk itu, Indonesia perlu mandiri dengan memproduksi sendiri solar cell. Dibutuhkan investasi 30 juta dollar AS untuk menghasilkan produk yang bisa menghasilkan listrik 10 megawatt ini.

"Kita mau kita mandiri, kalau mandiri kita ekspor solar cell itu. Karena apa? Kita punya kuarsa banyak sekali 75 miliar ton," pungkas Sumaryanto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com