Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Populasi Badak Sumatera Makin Terancam

Kompas.com - 04/06/2012, 03:26 WIB

Jakarta, Kompas - Akibat kerusakan lingkungan, populasi badak sumatera (Dicerorhinus sumatrensis) diperkirakan terus menyusut dan makin terancam. Penelitian yang dilakukan tahun 1985, diperkirakan populasi badak sumatera di kawasan hutan Leuser 60-70 ekor. Adapun survei yang dilakukan Yayasan Leuser Internasional di dua titik Taman Nasional Gunung Leuser, jumlah badak saat ini diperkirakan 7-25 ekor.

”Kami berharap, setelah survei selesai dilakukan di sembilan titik, jumlah badak lebih besar daripada perkiraan,” kata Tarmizi, Koordinator Survei Yayasan Leuser, yang bekerja sama dengan Taman Nasional Gunung Leuser, Minggu (3/6).

Ketua Pengurus Yayasan Leuser Internasional (YLI) Jamal M Gani mengatakan, pihaknya berhasil mengambil gambar badak sumatera melalui kamera trap (jebakan) yang dipasang di salah satu lokasi di Gunung Leuser pada 9 Desember 2011.

”Dari sekitar 28 kamera trap yang kami pasang, kami berhasil mengambil sekitar 1.000 frame badak sumatera,” kata Jamal.

Dari hasil analisis foto, diperkirakan ada dua badak sumatera di daerah itu. Survei akan dilanjutkan di delapan daerah di Taman Nasional Gunung Leuser agar perhitungan populasi badak sumatera bisa mendekati jumlah yang sebenarnya.

Badak sumatera sejak tahun 1996 masuk dalam daftar merah atau kritis dari International Union for Conservation of Nature and Natural Resources. Badak sumatera dewasa panjangnya 2 meter-2,7 meter, sedangkan beratnya 800 kilogram-900 kilogram. (THY)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com