Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Transaksi Multilateral Catat Rekor Baru

Kompas.com - 06/06/2012, 16:21 WIB
Eny Prihtiyani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Volume transaksi multilateral di Bursa Berjangka Jakarta pada Mei 2012 kembali mencatat rekor tertinggi sebesar 17.648 lot. Rekor tersebut sebagian besar disumbang kontrak berjangka emas.

Lesunya bursa saham selama beberapa pekan terakhir memicu investor mengalihkan investasinya ke emas. Emas tampaknya mulai diminati kembali oleh investor sebagai sarana investasi.

Walaupun harga penyelesaian kontrak gulir emas (KGE) di Bursa Berjangka Jakarta (BBJ) pada penutupan 31 Mei 2012 tercatat Rp 473.717 per gram, atau turun dibandingkan dengan harga penyelesaian pada 31 April yang sebesar Rp 491.842 per gram, investor tampaknya meyakini bahwa harga emas akan kembali bullish dalam beberapa bulan ke depan.

"Investor tampaknya mulai mengumpulkan emas secara perlahan," kata Direktur BBJ Roy Sembel di Jakarta, Rabu (6/6/2012).

Kenaikan transaksi multilateral pada bulan Mei dipicu kenaikan transaksi kontrak emas yang total melonjak 22 persen menjadi 11.306 lot dibandingkan dengan bulan April sebesar 9.264 lot.

Kontrak emas di JFX terdiri atas tujuh jenis, antara lain kontrak emas 1 kg (GOL), kontrak emas 250 gram (GOL 250), kontrak gulir emas (rupiah dan dollar), kontrak indeks emas (KIE), kontrak gulir dollar (GU1H10), dan kontrak gulir mini emas dollar (GU1TF).

"Kenaikan cukup berarti terjadi pada kontrak gulir dollar dan kontrak gulir mini emas yang masing-masing melonjak sebesar 420 kali dan 80 kali daripada bulan sebelumnya," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com