Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rijani: Banyak Orang Dekat Menkeu

Kompas.com - 12/06/2012, 21:16 WIB
Ester Meryana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Executive Vice President Coordinator Internal Audit Bank Mandiri, Rijani Tirtoso, mengatakan, kedekatannya dengan Menteri Keuangan Agus Martowardojo yang pernah menjabat sebagai Direktur Utama Bank Mandiri, hanya sebatas pekerjaan saja.

"Bahwa saya dekat dengan Pak Agus menurut hemat saya hampir bisa dikatakan banyak orang di Bank Mandiri banyak yang dekat. Jadi bukan cuma saya. Konteks dekat apa sih? Artinya adalah kita pernah bekerja di bawah supervisi beliau," sebut Rijani, seusai menjalani uji kelayakan dan kepatutan sebagai calon anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan, di DPR, Jakarta, Selasa (12/6/2012).

Ia menegaskan, kedekatan dengan mantan Dirut Bank Mandiri Agus Martowardojo bukan hubungan keluarga atau pertemanan yang demikian intens.

"Sebenarnya enggak. Betul-betul kedekatan karena profesional," tegasnya.

Lalu, ia pun menilai adanya beberapa orang Mandiri di dalam 14 orang calon anggota DK OJK yang sekarang ini sedang diuji di DPR, tidak seberapa. Rijani mengatakan, sebenarnya ada juga orang perbankan lainnya yang ikut serta dalam seleksi DK OJK.

"Dan ada beberapa yang mengirimkan tapi kita nggak tahu proses seleksinya seperti sekarang," sebutnya.

Dan, ia pun percaya, 14 orang calon sekarang ini sudah melewati penyaringan yang begitu ketat. Opini dari lembaga seperti Badan Intelijen Negara hingga PPATK juga diminta.

"Jadi menurut saya apa yang sudah dilakukan sudah the best they can do. Dalam hal ini panitia seleksi, kemudian dari Presiden juga pasti perhatikan informasi opini dari masyarakat," pungkas Rijani.

Indonesia Corruption Watch (ICW) mengkhawatirkan adanya sejumlah orang Bank Mandiri baik dalam panitia seleksi dan calon anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) akan menimbulkan konflik kepentingan.

Menurut ICW, soal konflik kepentingan tidak pernah dinyatakan sejak awal. Lalu tidak ada proses di mana panitia seleksi abstain dalam mengambil keputusan. Ini bisa menjadi masalah ke depannya.

"Saya khawatir, ini kan Negara Indonesia bukan PT Bank Mandiri. Jangan sampai kejadian seperti di AS bahwa krisis di AS terjadi karena terlalu banyak alumni Goldman Sachs di sana, saya nggak mau krisis karena terlalu banyak alumni Bank Mandiri di OJK," sebut Koordinator Indonesia Corruption Watch (ICW), Danang Widoyoko, di Jakarta, Selasa (10/4/2012).

Untuk diketahui saja, ada tiga orang yang pernah dan masih aktif bekerja di Bank Mandiri masuk ke dalam 14 calon anggota yang akan memasuki tahap seleksi di DPR RI. Mereka adalah Mantan Wakil Direktur Utama Bank Mandiri I Wayan Agus Mertayasa, Executive Vice President Audit Internal Bank Mandiri Rijani Tirtoso, dan Wakil Direktur Bank Mandiri Riswinandi.

Panitia seleksi yakni Gubernur Bank Indonesia Darmin Nasution pernah menjabat sebagai komisaris Bank Mandiri dan Ketua Panitia Seleksi DK OJK Agus Martowardojo adalah mantan Direktur Utama Bank Mandiri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com