Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sinyal Positif, Garuda Buka Penerbangan ke London

Kompas.com - 27/06/2012, 01:45 WIB
M Latief

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Parlemen Inggris menyikapi positif usulan dari DPR RI agar kedua negara membuka jalur penerbangan langsung Jakarta-London dan London-Jakarta. Demikian diungkapkan Ketua Komisi VI DPR RI, Airlangga Hartarto, di Jakarta, Selasa (26/6/2012).

"Selama ini jalur penerbangan dari Garuda Indonesia tidak ada yang langsung dari Jakarta ke London, tapi Jakarta ke Amsterdam, Belanda," kata Airlangga seusai menerima Delegasi Parlemen Inggris, di Jakarta, Selasa.

Pada kesempatan tersebut, Delegasi DPR RI dan Delegasi Parlemen Inggris membicarakan sejumlah kemungkinan kerja sama perdagangan antara kedua negara. Airlangga mengatakan, pada dialog tersebut delegasi DPR RI mengusulkan gagasan kedua negara untuk membuka akses transportasi secara langsung.

"Jika akses transportasi ini dibuka, DPR RI akan mengusulkan kepada Pemerintah agar merekomendasikan kepada maskapai penerbangan Garuda Indonesia untuk mengisi jalur penerbangan tersebut," katanya.

Politisi Partai Golkar ini menjelaskan, jika maskapai penerbangan Indonesia membuka jalur penerbangan langsung ke Inggris akan menguntungkan Indonesia. Pertimbangannya, Inggris adalah salah satu pusat bisnis sekaligus negara tujuan wisata di Eropa sehingga banyak pebisnis dan wisatawan yang ingin berkunjung ke Inggris.

Di sisi lain, nilai perdagangan antara Indonesia dan Inggris saat ini sekitar 3 juta dollar AS per tahun. Peluang perdagangan antara kedua negara tersebut, kata dia, masih terbuka sangat besar untuk ditingkatkan.

"Dengan dibuka penerbangan langsung Jakarta-London dan sebaliknya, maka hal ini akan menjadi salah satu pendorong meningkatnya nilai perdagangan di antara kedua negara," katanya.

Pada dialog tersebut, delegasi Parlemen Inggris menyatakan tertarik pada komoditas Indonesia, seperti crude palm oil (CPO) dan gas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com