Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Merawat Pesawat Agar Tetap Optimal

Kompas.com - 04/07/2012, 11:57 WIB
Vitalis Yogi Trisna

Penulis

TANGERANG, KOMPAS.com - Sebuah alat transportasi massal hendaknya memiliki kualitas yang optimal, untuk menjamin keselamatan para penumpangnya. Dalam upaya memenuhi pelayanan itu, maskapai penerbangan Garuda Indonesia melalui Garuda Maintenance Facilities AeroAsia (GMF Aeroasia) kerap melakukan perawatan berkala terhadap pesawatnya.

"Jenis perawatan yang kami berikan ada dua, harian dan mingguan," ujar Yusmahdi, seorang engineer ketika ditemui pada acara "Field TripTo Garuda Indonesia Facilities" di Hanggar II, Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Tangerang, Selasa (3/7/2012).

Menurut Yusmahdi, yang dilakukan di Hanggar II itu merupakan perawatan mingguan. Pada perawatan ini tim GMF AeroAsia melakukan pengecekan badan pesawat, interior, dan juga mesin. "Sementara itu untuk perawatan harian biasanya dilakukan di bandara saat pesawat ini landing, karena memang kami memiliki jaringan dengan banyak bandara lain," ujarnya.

Selain melakukan perawatan terhadap pesawat milik Garuda Indonesia, GMF AeroAsia juga melayani beberapa perbaikan pesawat dari maskapai lainnya. Tidak hanya perawatan, tempat ini juga merupakan tempat parkir untuk pesawat yang landing di Bandara Soekarno-Hatta.

Garuda Indonesia sendiri melakukan kegiatan Field Trip To Garuda Facilities untuk memberikan edukasi tentang bagaimana mereka memberikan pelayanan kepada konsumen. Kunjungan tidak hanya melihat pusat perbaikan pesawat ini, mereka juga diajak melihat dapur tempat proses pengolahan makanan milik Garuda di ACS. Dan terakhir bertempat di pusat pendidikan Garuda atau GITC peserta disuguhkan simulasi penyelamatan jika terjadi kecelakaan saat penerbangan.

"Seru, apalagi bertepatan dengan libur anak sekolah, jadi bukan cuma mengisi liburan tapi juga memberikan edukasi ke anak-anak," ujar Latifa, salah seorang peserta.

Kegiatan ini sendiri rutin dilakukan oleh Garuda Indonesia tiap tahun, selain memberi edukasi kegiatan ini juga menjadi ajang promosi tentang fasilitas keamanan dan kenyamanan maskapai ini.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com