Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mentan Berharap Peran Bulog Perlu Diaktifkan Kembali

Kompas.com - 24/07/2012, 14:19 WIB
Dimasyq Ozal

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Menteri Pertanian Suswono mengatakan, perlu adanya pertimbangan untuk mengaktifkan kembali fungsi Badan Urusan Logistik (Bulog) sebagai penyangga kebutuhan pokok, termasuk kedelai.

"Memang ke depan ini, barang kali peran Bulog untuk kembali sebagai penyangga bahan pokok, perlu dipertimbangkan kembali," kata Suswono saat ditemui wartawan di kantornya, Jakarta, Selasa ( 24/7/2012 ).

Suswono mengatakan, saat ini ketersediaan pasokan yang ada di Bulog hanyalah persediaan beras, sementara persediaan kedelai dan sembilan bahan pokok lainnya kurang diperhatikan.

"Jadi memang pemerintah tidak bisa intervensi karena tidak punya stok. Tapi kalau beras, pemerintah kan punya stok di Bulog, ketika nanti harga tinggi pemerintah bisa melakukan operasi pasar sehingga harga bisa ditekan," ujarnya.

Ia menambahkan, untuk saat ini, pemerintah hanya bisa menyerahkan kenaikan harga kedelai pada mekanisme pasar karena Bulog tidak memiliki stok kedelai. "Kalau sekarang kan tidak bisa (menekan harga), jadi diserahkan ke mekanisme pasar sepenuhnya," ungkapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com