Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ECB Sepakat Membeli Obligasi

Kompas.com - 07/09/2012, 05:01 WIB

FRANKFURT, Kamis - Bank Sentral Eropa atau ECB akhirnya sepakat mengeluarkan program pembelian obligasi guna melawan krisis utang zona euro. Selain itu, ECB juga mempertahankan suku bunga sebesar 0,75 persen. Pasar saham menguat dan kurs euro melemah setelah keputusan tersebut.

Gubernur Bank Sentral Eropa Mario Draghi di Frankfurt, Jerman, Kamis (6/9), mengumumkan bahwa rencana baru itu ditujukan pada pasar sekunder. Diharapkan, dengan langkah tersebut, dapat mengurangi distorsi pada pasar obligasi dan menjawab ketakutan investor mengenai kelangsungan euro.

Skema yang sudah ditentang bank sentral Jerman Bundesbank itu akan fokus pada obligasi yang jatuh tempo dalam tiga tahun. Menurut Draghi, hanya satu anggota Dewan Gubernur ECB yang menentang program Outright Monetary Transactions (OMT) ini.

”Di dalam kondisi tertentu, kami akan bekerja efektif untuk mencegah terjadinya skenario yang berpotensi destruktif,” ujar Draghi pada jumpa pers setelah pertemuan.

Para investor sudah menantikan langkah apa yang akan diambil ECB untuk membantu menurunkan imbal hasil obligasi Spanyol dan Italia yang terus melonjak.

Imbal hasil ini mencerminkan biaya bunga yang harus dibayar oleh pemerintah negara bersangkutan ketika mereka menjual obligasi itu. Diharapkan, program pembelian obligasi ini akan menaikkan harga obligasi dan menurunkan tingkat imbal hasil karena harga dan imbal hasil bergerak ke arah berlawanan.

Dengan penurunan tingkat imbal hasil, itu berarti biaya yang harus dikeluarkan pemerintah untuk membayar utangnya lebih rendah. Banyak negara yang secara terus-menerus menerbitkan obligasi untuk membayar obligasi yang jatuh tempo.

Jika bunga yang diminta investor terlalu tinggi, keuangan negara akan makin terbebani. Beban bunga obligasi yang makin besar itulah yang membuat Yunani, Irlandia, dan Portugal meminta bantuan dana talangan dari negara zona euro lain.

Disambut baik

Harga saham di bursa Madrid langsung melonjak hingga indeks menguat 3 persen setelah Draghi mengumumkan langkah ECB ini. Bursa Italia juga naik 3 persen.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com