Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Laporan Keuangan Bank Mandiri dan PT PGN Terbaik

Kompas.com - 19/09/2012, 02:28 WIB

Jakarta, Kompas - Dua badan usaha milik negara, yang tercatat di Bursa Efek Indonesia, menerima penghargaan Annual Report Award 2011, yakni PT Bank Mandiri Tbk dan PT Perusahaan Gas Negara Tbk. PT Bank Mandiri merebut penghargaan pada kategori badan usaha milik negara keuangan, sementara PT Perusahaan Gas Negara meraih penghargaan pada kategori badan usaha milik negara nonkeuangan.

Pelaksana Tugas Ketua Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK) Ngalim Sawega menyatakan, laporan keuangan tahunan kini tidak lagi sebatas pelaporan pertanggungjawaban manajemen dalam rapat umum pemegang saham. ”Laporan keuangan sekaligus telah menjadi media komunikasi yang efektif kepada semua pihak tentang kinerja dan prospek perusahaan,” kata Ngalim Sawega sebagai penyelenggara kegiatan tahunan ini, Selasa (18/9) malam, di Jakarta.

Annual Report Award 2011 mengambil tema ”Transparansi Informasi sebagai Upaya Penerapan Pengelolaan Perusahaan yang Bersih dan Berintegritas untuk Meningkatkan Daya Saing Perusahaan dalam Perekonomian Regional”. Secara keseluruhan, terdapat 10 kategori perusahaan peraih penghargaan ini.

Menurut Ngalim, keikutsertaan dalam Annual Report Award 2011 merupakan wujud penerapan tata kelola yang baik perusahaan. Hal itu juga menjadi sarana memperoleh masukan dari sejumlah kalangan tentang seberapa baik laporan tahunan tersebut sekaligus semakin memantapkan keberadaan perusahaan di komunitas industri.

Sebuah laporan keuangan yang baik, sebagaimana menjadi kriteria penilaian pada Annual Report Award 2011, menggambarkan sejumlah hal, yakni memberikan gambaran yang baik dan jelas mengenai kegiatan operasional perusahaan. Selain itu, laporan juga berisi penjelasan mengenai kinerja perusahaan serta indikasi arah perusahaan pada masa akan datang.

Laporan keuangan juga menyajikan informasi keuangan yang baik dan informatif sesuai dengan ketentuan akuntansi Indonesia, memberikan informasi yang jelas mengenai kepemilikan dan penerapan tata kelola yang baik, sekaligus menunjukkan kepatuhan terhadap peraturan perundangan yang berlaku. (BEN)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com