Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ribuan Petani Unjuk Rasa Peringati Hari Tani

Kompas.com - 24/09/2012, 11:57 WIB
Irene Sarwindaningrum

Penulis

PALEMBANG, KOMPAS.com — Lebih dari 1.000 petani dari berbagai daerah di Sumatera Selatan (Sumsel) memanfaatkan momentum peringatan Hari Tani, Senin (24/9/2012), dengan berunjuk rasa. Mereka menuntut keberpihakan pemerintah dalam konflik lahan antara petani dan perusahaan.

Bersama Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Sumsel, para petani berkumpul di Benteng Kuto Besak, Palembang. Rencananya massa akan bergerak menuju Kantor Badan Pertanahan Nasional Sumsel dan Gedung DPRD Sumsel.

Di antara pengunjuk rasa terdapat kelompok-kelompok petani yang tengah bersengketa lahan dengan sejumlah perusahaan perkebunan, hutan tanaman industri, ataupun tambang. Salah satunya dari Gerakan Petani Penesak Bersatu dari Kabupaten Ogan Ilir, yang beberapa waktu lalu mengajukan tuntutan lahan kepada PT Perkebunan Nusantara VII Cinta Manis. Konflik ini berbuntut tewasnya Angga bin Darmawan, yang diduga terkena peluru anggota kepolisian di Desa Limbang Jaya.

Selama ini, para petani merasa kian terdesak oleh hadirnya perusahaan-perusahaan yang menggunakan lahan di daerah mereka. Hak pengelolaan lahan oleh perusahaan semakin luas sehingga lahan garapan mereka menyusut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com