Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jumlah Miliuner China Turun 20 Persen

Kompas.com - 26/09/2012, 07:23 WIB

BEIJING, KOMPAS.com — Jumlah miliuner di China tahun 2012 ini turun 20 persen menjadi 251 orang. Namun, jumlah ini masih tetap tinggi dibandingkan 6 tahun lalu yang hanya ada 15 miliuner di negara tirai bambu tersebut. Demikian laporan dari Hurun Research Institute, Selasa (25/9/2012).

Lembaga ini merilis Hurun Rich List yang memuat 1.000 orang kaya di China, Senin (24/9/2012). Tahun ini, rata-rata kekayaan orang kaya yang ada dalam daftar yang dikenal sebagai Hurun Top 1.000 ini turun 0,9 persen menjadi 860 juta dollar AS. Tetapi, nilai ini masih dua kali lipat dibanding tahun 2008 yang "hanya" 439 juta dollar AS.

"Meskipun tahun ini terjadi penurunan yang signifikan, tetapi harus tetap diingat bahwa para pengusaha ini masih naik 40 persen dibanding dua tahun lalu dan hampir 10 kali lipat dibanding 10 tahun lalu," sebut Chairman Hurun Report, Rupery Hoogewerf.

Tycoon perusahaan minuman Wahaha, Zong Qinghou, berada di puncak teratas daftar tersebut, dengan nilai kekayaan mencapai 12,6 miliar dollar AS. Di posisi kedua dan ketiga masing-masing ditempati oleh pengusaha properti Wang Jianlin dan pendiri Baidu Robin Li Yanhong.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com