Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Amankan 99 Paspor Milik TKI Ilegal

Kompas.com - 12/10/2012, 05:24 WIB
Kontributor Kediri, M Agus Fauzul Hakim

Penulis

KEDIRI, KOMPAS.com - Kepolisian Resor Kediri Kota, Jawa Timur mengamankan 4 orang perekrut dan 6 calon tenaga kerja Indonesia yang akan berangkat ke Filipina dan Selandia Baru. Dari mereka disita 99 buku paspor.

Kepala Polres Kediri Kota Ajun Komisaris Besar Ratno Kuncoro mengatakan, pihaknya masih belum memastikan orisinalitas dokumen tersebut. Polisi akan membawanya ke pihak imigrasi untuk mengecek keaslian buku-buku paspor tersebut.

"Kita akan berkoordinasi dengan imigrasi untuk mengetahui keabsahan paspor tersebut," kata Ratno Kuncoro, Kamis (11/10/2012).

Salah satu calon TKI, Lukas (35), mengakui salah satu dari paspor itu adalah miliknya. Paspor itu sebelumnya dikumpulkan perekrutnya sebagai salah satu persyaratan bekerja ke luar negeri.

"Saya bikin paspor itu di Tanjung Priok," kata pria yang dijanjikan akan dipekerjakan sebagai anak buah kapal di Filipina ini.

Selain paspor dan buku pelaut, dari mereka diamankan pula sebanyak 98 surat lamaran pekerjaan dan 3 bendel administrasi kelengkapan kerja, seperti kopian kartu identitas serta surat pernyataan. Namun demikian, dalam bandel administrasi itu polisi tidak menemukan sama sekali visa maupun dokumen yang dikeluarkan oleh instansi ketenagakerjaan. Polisi pun menduga mereka adalah tenaga kerja ilegal.

Sebelumnya, para perekrut dan calon TKI itu diamankan dari beberapa penginapan serta tertampung di rumah warga. Mereka berasal dari berbagai daerah dan tengah berada di Kediri untuk bertolak ke Bali dan dilanjutkan ke negara tujuan. Namun skenario mereka gagal karena keburu tertangkap polisi.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com