Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemenkop dan UKM Gelar International Microfinance Conference 2012

Kompas.com - 22/10/2012, 07:16 WIB
Hindra Liauw

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah menggelar "International Microfinance Conference 2012" bertajuk "Towards Sustainability and Financial Inclusion" di Hotel Sheraton, Yogyakarta, 22-23 Oktober 2012.

Sejumlah praktisi keuangan mikro dunia turut hadir pada konferensi ini, termasuk pendiri Grameen Bank Muhammad Yunus, yang juga peraih penghargaan Nobel Perdamaian 2006. "Kami akan bertukar pemikiran terkait pengalaman, ide, dan pengetahuan terbaru untuk mendorong inovasi di industri microfinance," kata Menkop dan UKM Syarief Hasan di Yogyakarta, Minggu (21/10/2012).

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, didampingi Ibu Negara Ny Ani Yudhoyono dijadwalkan membuka konferensi internasional tentang keuangan mikro pertama di Indonesia. Presiden juga akan memberikan pidato terkait dengan keuangan mikro.

Acara ini diikuti 420 peserta dari 22 negara, terdiri dari praktisi keuangan dan perbankan, akademisi, pegiat pemberdayaan ekonomi masyarakat, pejabat pemerintah, dan pemerhati keuangan mikro. Beberapa pembicara, di antaranya, Direktur Global Microcredit Summit Campaign Larry Reed, konsultan UKM di Chile Prof Marguerite S Robinson, dan lainnya.

Sejumlah topik yang dibahas, antara lain, Relevansi Inklusi Keuangan dan Kesinambungannya: Isu Inovasi, Tantangan Inovasi Keuangan Mikro: Isu Regulasi dan Risiko, Isu Strategis tentang Kebutuhan Inovasi untuk Industri Keuangan Mikro, Tren dan Direksi Masa Depan Inovasi pada Industri Keuangan Mikro, dan Inovasi Jasa dan Produk pada Keuangan Mikro.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com