Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Maskapai Perlu Perhatikan Penyandang Disabilitas

Kompas.com - 30/10/2012, 12:45 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F

Penulis

KOMPAS.com – Bayangkan jika Anda harus membuang air kecil di dalam botol di kursi Anda atau tidak minum apapun selama 24 jam, semua ini karena Anda tidak bisa mengakses toilet saat penerbangan.

Kejadian ini nyata terjadi pada kalangan penyandang disabilitas yang harus naik pesawat terbang. Mereka seakan dipermalukan selama penerbangan. Hal ini terungkap dari sebuah survei yang dilakukan Muscular Dystrophy Campaign di Inggris.

Menurut laporan survei tersebut, 90 persen pengguna kursi roda tidak bisa mengakses toilet pesawat terbang. Oleh karena itu, mereka terpaksa menghindari minuman sebelum dan selama penerbangan.

Mereka juga menghadapi resiko kecelakaan fisik dengan mayoritas 60 persen penumpang yang disurvei menyebutkan mereka merasa tidak aman saat dipindahkan dari kursi roda ke kursi pesawat terbang. Sementara 60 persen lainnya menyebutkan kursi roda mereka sampai rusak saat naik pesawat terbang.

Masalah mulai muncul bahkan sebelum mereka naik ke dalam pesawat. Setengah dari responden yang merupakan penyandang disabilitas menyebutkan bahwa mereka menghadapi kesulitan saat melakukan pemesanan tiket.

“Industri pesawat terbang perlu mengembangkan diri, mengikuti moda transportasi umum lainnya, terutama untuk pelayanan kepada penyandang disabilitas,” kata Tnayi Vyas, juru bicara Muscular Dystrophy Campaign.

“Jika kita bisa menerbangkan orang sampai ke bulan, kita juga harusnya bisa menaruh toilet untuk penyandang disibilitas di pesawat terbang,” tuturnya.

Ia menuturkan, penelitian yang dilakukan pihaknya menemukan bahwa proses perjalanan dengan pesawat udara menjadi sumber kecemasan dan perasaan dipermalukan, yang berdampak pada liburan yang hancur, peralatan rusak, dan penyandang disabilitas yang tak mendapatkan pelayanan dengan baik.

“Laporan ini seharusnya perlu disingkapi untuk melakukan perubahan pelayanan penerbangan jarak jauh, terutama untuk mempertemukan kebutuhan dasar dari penyandang disabilitas. Ini saatnya penyandang disabilitas bisa mempercayai maskapai dan merasa percaya diri saat melakukan penerbangan,” katanya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com