Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BI Dukung Budidaya Rumput Laut

Kompas.com - 24/11/2012, 02:52 WIB

Brebes, Kompas - Bank Indonesia mendukung pengembangan budidaya rumput laut di Desa Randusanga Kulon, Kecamatan Brebes, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Alasannya, potensi pasar komoditas itu masih terbuka lebar.

Kepala Perwakilan BI Tegal Yoni Depari mengatakan, potensi air payau di Brebes sangat luas. Luas tambak dari tiga kelompok yang mendapatkan bantuan sekitar 137 hektar. Luas tambak rumput laut di wilayah itu sekitar 1.269 hektar. ”Wilayah ini pantas dikembangkan,” kata Yoni, Jumat (23/11), di Tegal.

Saat itu BI Tegal menyerahkan bantuan kepada 66 pembudidaya dari tiga kelompok yang tergabung dalam Gapoktan Rukun Sejahtera, berupa 33 ton bibit rumput laut jenis Gracillaria Sp serta 11 rol waring (jaring untuk menjemur rumput laut).

Pemberian bantuan bibit untuk menurunkan biaya produksi, meningkatkan produktivitas, dan meningkatkan kualitas hasil panen. Kini, dari sekitar 137 hektar tambak rumput laut, produktivitasnya 174 ton. Harga rumput laut saat ini 4.200 per kilogram.

Ketua Gapoktan Rukun Sejahtera Slamet Winoto mengaku, selama ini pembudidaya tak memiliki kekuatan tawar terhadap harga rumput laut sebab sepenuhnya ditentukan perusahaan pembeli. Untuk itu, rumput laut akan diolah menjadi agar kertas. Permintaan agar kertas masih tinggi dengan harga Rp 100.000 per kilogram. (WIE)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com