Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rel Kereta Cilebut Digeser 40 CM

Kompas.com - 27/11/2012, 10:24 WIB
Imanuel More

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — PT KAI menggeser ruas rel di wilayah longsoran Cilebut, Kabupaten Bogor. Langkah ini dilakukan atas pertimbangan keselamatan transportasi.

"Rel digeser 40 sentimeter ke barat demi keselamatan perjalanan," terang Mateta Rijalulhaq, Manajer Humas PT KAI Daops I Jabodetabek, di Babakan Sirna, Cilebut Timur, Bogor, Selasa (27/11/2012).

Pergeseran dilakukan pada jalur sepanjang 150 meter, sepanjang wilayah berdinding curam hingga ke dataran di antara permukiman penduduk. Pergeseran selesai pada malam tadi, pukul 24.00 WIB.

"Setelah pergeseran, masih harus diuji coba lagi," kata Mateta.

Waktu uji coba kedua ini belum bisa dipastikan. Uji coba sebelumnya sudah dilakukan pada Senin kemarin, baik untuk KRL penumpang maupun lokomotif barang.

Saat ini, lokomotif pekerja sudah bisa melintasi lintasan baru tersebut. Namun, pengoperasian KRL penumpang masih membutuhkan pertimbangan keselamatan.

"Sebenarnya sudah bisa dilewati. Tapi, tentu saja prioritas keselamatan tetap dikedepankan," imbuh Mateta.

Meski begitu, ia belum bisa memastikan kapan KRL penumpang akan kembali beroperasi. Yang pasti, saat ini, di jalur longsoran baru terdapat satu lintasan rel.

"Dua jalur bisa beroperasi sekitar dua bulan lagi," pungkas Mateta.

Saat ini, pemindahan jalur listrik sedang dilakukan agar sesuai dengan pergeseran lintasan rel yang dilakukan pada malam tadi. Dengan pengerjaan ini, rencana uji coba KRL akan dimundurkan hingga waktu yang belum bisa dipastikan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com