Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Forum Infrastruktur Indonesia Digelar di Belanda

Kompas.com - 05/12/2012, 13:47 WIB
Eny Prihtiyani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Indonesia  Infrastructure Forum telah dilaksanakan di Den Haag pada tanggal 4 Desember 2012. Forum tersebut diselenggarakan oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia untuk Kerajaan Belanda (KBRI Den Haag) bekerjasama dengan FME-CWM (Netherlands Association for the Technological Industry), Delft University of Technology, dan Indonesia Nederland Society.

Forum yang dihadiri oleh lebih dari 100 perusahaan besar Belanda dan Indonesia tersebut dibuka oleh Duta Besar RI Den Haag, Retno L.P. Marsudi, dan menghadirkan dua pembicara kunci yaitu Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono dan Wakil Menteri Perdagangan Bayu Krisnamurthi.

Hadir dalam forum tersebut dari pihak Indonesia antara lain dihadiri oleh PT Angkasa Pura II, PT Pelindo I, PT Pelindo II, PT Pelindo III, dan PT Pelindo IV. Dari pihak Belanda, sejumlah perusahaan besar di bidang pelabuhan laut, pelabuhan udara, general trading, dan financing berpartipasi dalam Forum tersebut.

Menurut siaran pers Kementerian Perdagangan di Jakarta,  Rabu (5/12/2012), salah satu poin penekanan Dubes RI Den Haag, Retno L.P. Marsudi dalam sambutan pembukaannya adalah bahwa penyelenggaraan kegiatan seperti Indonesia Infrastructure Forum merupakan implementasi nyata dari diplomasi ekonomi.

Dubes RI menggarisbawahi bahwa para konstituen (publik) menginginkan hasil nyata real outcome dari diplomasi ekonomi. Wakil Menteri Perhubungan RI dalam pidato kuncinya menyampaikan gambaran umum perkembangan bidang transportasi di Indonesia.

Sementara itu, Wakil Menteri Perdagangan RI menyatakan bahwa terdapat peluang-peluang kerja sama di bidang infrastruktur antar kedua negara yang perlu dieksplor untuk direalisasikan.

Forum ditutup dengan dengan Sesi Trade and Investment Clinic yang memberikan kesempatan kepada peserta dari kalangan swasta untuk membicarakan kerja sama secara konkret. Forum ini menurut rencana akan diadakan kembali tahun depan di Indonesia sehingga terdapat kesinambungan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com