Kompas.com - 18/12/2012, 10:29 WIB
EditorI Made Asdhiana

PUNCAK kemegahan Piramida Agung Giza sudah tampak dari jauh, sebelum memasuki pintu gerbang utama kompleks piramida di Giza, Mesir, Rabu (5/12/2012). Belasan pemuda berdiri zig-zag di sepanjang jalan menuju pintu gerbang. Sebagian dari mereka menawarkan jasa pemandu, sebagian yang lain sekadar meminta uang pungutan.

Di depan Piramida Agung Khufu, puluhan penyedia jasa hewan tunggang, pengemis, dan pemandu wisata berebut menawarkan jasanya. Terletak 18 kilometer sebelah selatan kota Kairo, Giza memiliki 3 piramida besar, 3 piramida kecil, dan 1 Sphinx. Tiga piramida besar adalah Piramida Khufu, Khafre, dan Menkaure. Sementara piramida kecil adalah Cheops, Chephren, dan Mycerinus.

Sesuai dengan namanya, Piramida Khufu adalah raja yang berkuasa kala itu, Firaun Khufu, pada 2560 sebelum Masehi. Piramida Agung dibangun setinggi 146,6 meter untuk menghormati Firaun Khufu.

Beberapa peneliti memperkirakan piramida dibangun dari lumpur Sungai Nil yang dicetak dengan kayu yang dipanaskan dengan suhu tinggi sehingga membentuk balok batu yang kokoh. Pembangunan piramida ini memakan waktu selama 30 tahun dengan melibatkan 100.000 pekerja.

Dari kompleks Piramida Giza, cityscape kota Giza dan Kairo terlihat jelas. Pengunjung bisa berkeliling kompleks dengan menyewa hewan tunggangan atau bisa pula berjalan kaki di hamparan padang pasir.

Terlepas dari itu, sikap penduduk lokal yang mencari peruntungan di sekitar lokasi wisata Piramida Giza perlu dibenahi jika memang menghendaki wisatawan berdatangan dan merasa nyaman berlibur di kota mereka. (Lucky Pransiska)

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X