Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kendal Masih Banjir, Sekolah Diliburkan

Kompas.com - 16/01/2013, 12:38 WIB
Kontributor Kendal, Slamet Priyatin

Penulis

KENDAL, KOMPAS.com — Banjir di Kendal, Jawa Tengah, belum surut. Siswa beberapa sekolah, Rabu (16/1/2013) ini, diliburkan karena ruang kelas dipenuhi air.

Menurut guru olahraga SDN Pegulon 2 Kendal, Tatik, banjir di SDN 2 Pegulon terjadi sejak kemarin. Namun, air mulai masuk ke kelas sekitar pukul 8.30 WIB.

"Sebelumnya air hanya menggenangi halaman sekolah. Namun karena Selasa kemarin hujan deras terus turun, air kemudian mulai masuk ke kelas," kata Tatik, Rabu.

Tatik menjelaskan, setelah air masuk ruang kelas, siswa langsung dipulangkan. Para guru khawatir air semakin tinggi sehingga membahayakan siswa.

"Kemarin, siswa dipulangkan sekitar jam 09.00 pagi. Hari ini hanya kelas 1, 2, dan 3 yang libur. Sementara kelas 4, 5, dan 6 masuk seperti biasa, tetapi pulangnya jam 11.00 siang," tuturnya.

SMPN 1 Kendal juga meliburkan semua siswanya hari ini, kata Rusmanto, pengajar di sekolah itu. Hampir semua ruang kelas di sekolah itu tergenang air. Menurut Rusmanto, air mulai masuk kelas sekitar pukul 09.00 WIB.

"Siswa dipulangkan jam 9.15 pagi karena air mulai masuk ke kelas," kata guru yang dipanggil Pak Rus itu. Dia menambahkan, siswa diwajibkan belajar di rumah dan baru masuk sekolah pada Kamis (17/1/2013) besok.

Namun jika ternyata hari ini kembali turun hujan deras, kemungkinan sekolah juga kembali tergenang karena sampai hari ini pun air di halaman sekolah belum surut.

Sementara itu Sekretaris Dinas Pendidikan Kendal Sih Purwadi mengatakan, pihaknya sudah menerima laporan adanya sekolah yang meliburkan siswa karena banjir. Namun, jumlah pasti sekolah yang meliburkan siswanya belum dia ketahui.

"Dinas memaklumi kalau ada sekolah yang hari ini meliburkan siswanya karena banjir sebab ini darurat," kata Sih Purwadi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com