Kompas.com - 21/01/2013, 19:17 WIB
|
EditorFarid Assifa

YOGYAKARTA, KOMPAS.com -- Pada 2013 ini Dinas Pertanian, Perikanan, dan Kehutanan Sleman mengajukan dana sebesar Rp 2 miliar kepada Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Dana tersebut rencananya akan digunakan untuk perbaikan program penghijauan di lereng Merapi yang rusak akibat bencana erupsi.

Pelaksana Tugas Kepala Bidang Perkebunan, Dinas Pertanian, Perikanan, dan Kehutanan, Sleman, Rofiq Ardiyanto mengatakan, program penghijauan sudah pernah dilakukan, namun bibit pohon penghijauan tersebut rusak.

"Curah hujan yang tinggi dengan disertai angin, membuat bibit pohon yang ditanam rusak, dan kami harus segera menanam kembali agar ekosistem di lereng Merapi tetap terjaga," terangnya, Senin (21/01) siang.

Target penghijauan itu adalah tanah seluas 500 hektar di Kecamatan Cangkringan dan Turi. Namun saat ini, pihaknya baru melakukan evaluasi berupa pendataan.

"Kami akan menggunakan metode sulaman, dan terasering. Program terasering tersebut bertujuan untuk membuat aliran air di lahan-lahan penghijauan," ungkapnya.

Di tempat berbeda Camat Cangkringan, Bambang saat dihubungi mengatakan, kerusakan paling banyak berada di Desa Glagah dan Kepuh. Kerusakan tersebut terjadi sejak musim kemarau kemarin.

"Penghijauan lebih baik dilakukan di lahan yang sudah direklamasi (lahan yang sudah berupa tanah) dan lokasi yang aman. Soalnya, kalau di lokasi bekas lahar dingin takutnya terkena alat berat penambang pasir," ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.