Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lelang Obligasi Positif Bagi Posisi Rupiah

Kompas.com - 14/02/2013, 09:45 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Mata uang rupiah kembali diuji kekuatannya pada perdagangan Kamis (14/2/2013). Lelang surat berharga negara hari ini diharapkan dapat mempertahankan posisi rupiah.

Kemarin, rupiah ditutup melemah di level Rp 9.646,50 per dollar AS dari saat dibuka di level Rp 9.630 per dollar AS. Di sepanjang perdagangan rupiah bergerak di kisaran Rp 9.630-Rp 9.649 per dollar AS.

Ditutupnya bursa saham IHSG di zona hijau turut menahan pelemahan rupiah menjelang penutupan kemarin sore. Menurut riset BNI Treasury, Bank Indonesia terlihat melakukan intervensi di pasar valas hingga cukup meredakan tekanan terhadap rupiah kemarin.

Namun, hari ini rupiah berpotensi bergerak dengan kecenderungan konsolidasi melemah kembali. Masih tingginya kebutuhan valas oleh importir di tengah terbatasnya suplai dollar AS di pasar valas diperkirakan masih akan mendorong pelemahan rupiah hari ini.

Bank Indonesia diproyeksikan masih akan terus mengawal pergerakan nilai tukar rupiah hari ini. Pemerintah berencana akan mengadakan lelang SBN hari ini dengan target awal Rp 7 triliun yang diharapkan akan berdampak positif terhadap pergerakan rupiah hari ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com