Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Stok Bawang Putih Berkurang

Kompas.com - 11/03/2013, 13:01 WIB
Winarto Herusansono

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com — Sejumlah pedagang di Pasar Johar, Semarang, Jawa Tengah, Senin (11/3/2013), mengaku sudah empat hari ini stok bawang putih mulai berkurang.

"Biasanya saya bisa punya persediaan empat kuintal, tapi sekarang hanya tinggal tiga karung. Itu pun bawang impor asal China," kata Sulayin, pedagang di Pasar Johar, Semarang.

Stok untuk persediaan bawang putih di pasar terbesar di ibu kota Jawa Tengah itu biasanya dipasok sentra bawang dari Karangangar, Banyumas, dan Slawi, Kabupaten Tegal. Untuk bawang impor, pedagang sangat tergantung dari pasokan pedagang grosir di Beteng, Johar. Pedagang grosir ini mengambil barang dari importir asal Surabaya.

Pedagang berharap dalam minggu ini pasokan bawang impor bisa normal. "Kalau pasokan terus terlambat, harga bawang di pasaran tak terkendali," kata Partiyem, pedagang lainnya di Johar.

Saat ini, harga bawang putih yang sudah kupasan dan tinggal biji bawang Rp 70.000 per kilogram, bawang putih bulat Rp 55.000 per kilogram, dan bawang putih dengan biji besar pilihan sudah mencapai Rp 60.000 per kilogram.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com