Kekayaan 100 Orang Terkaya Dunia Anjlok Rp 173 Triliun

Kompas.com - 18/03/2013, 11:22 WIB
EditorErlangga Djumena

NEW YORK, KOMPAS.com — Dalam sepekan, kekayaan 100 orang terkaya di dunia anjlok 17,9 miliar dollar AS atau setara Rp 173,6 triliun, setelah indeks Standard  & Poor’s 500 gagal menyentuh level tertingginya pada pekan lalu.

Indeks S&P 500 pada Kamis (14/3/2013) lalu ditutup hanya 2 poin lagi menyentuh rekor tertingginya, yakni 1.565,15 yang terjadi pada Oktober 2007. Pada perdagangan Jumat, S&P 500 ditutup pada 1.560.70.

Berdasarkan indeks Bloomberg Billionaires, harta orang terkaya di dunia, Carlos Slim, anjlok 5 miliar dollar AS atau setara Rp 48,5 triliun hanya dalam waktu sepekan lalu. Penurunan kekayaan Carlos disebabkan Pemerintah Meksiko saat ini sedang mengajukan rancangan undang-undang (RUU) untuk mengurangi dominasi konglomerat di bisnis telekomunikasi dan media.

Selama ini, hampir setengah dari kekayaan Carlos Slim diperoleh dari perusahaan telekomunikasi terbesar di Meksiko, America Movil. Di perusahaan ini, Carlos memang menjadi CEO dan pemimpin utamanya. Dalam RUU tersebut nantinya pemerintah bisa memaksa pebisnis telekomunikasi dan media yang menguasai bisnis tersebut di atas 50 persen untuk menjual sebagian asetnya.

Atas berita tersebut, saham perusahaannya makin anjlok ke harga terendah selama empat tahun terakhir. Kekayaannya langsung anjlok menjadi 67,8 miliar dollar AS.

Nilai kekayaan Carlos hanya selisih 184 juta dollar AS atau setara Rp 1,78 triliun dari orang terkaya nomor dua di dunia, yaitu Bill Gates, sang pendiri Microsoft. Jumlah selisih kekayaan mereka ini paling dekat sejak Maret 2012 lalu. Kekayaan Bill Gates saat ini mencapai 67,6 miliar dollar AS.

Sementara orang terkaya nomor tiga di dunia, yaitu Amancio Ortego, si pemilik brand fashion Zara memiliki kekayaan sebesar 55,7 miliar dollar AS dan hanya selisih 900 juta dollar dengan Warren Buffet yang saat ini menjadi orang terkaya nomor empat di dunia.

Indeks Bloomberg Billionaires diukur berdasarkan perubahan pasar dan ekonomi serta pelaporan Bloomberg News. Setiap nilai kekayaan bersih dalam dollar AS dan diperbarui setiap hari kerja pada pukul 05.30 waktu New York.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X