Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Tips Jaga Keamanan Rekening agar Terhindar dari Pembobolan

Kompas.com - 07/05/2024, 23:18 WIB
Nur Jamal Shaid

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjaga keamanan rekening bank merupakan hal yang sangat penting agar terhindar dari berbagai modus kejahatan dan penipuan.

Namun, tidak semua nasabah bank mengetahui cara menjaga keamanan rekening. Padahal, modus kejahatan perbankan senantiasa mengintai yang memanfaatkan kelengahan konsumen dalam menjaga data pribadi.

Untuk itu, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) membagikan beberapa tips menjaga keamanan rekening bank agar terhindar dari pembobolan. 

Baca juga: Nasabah Bank Mualamat Kini Bisa Beli Hewan Kurban lewat Aplikasi

Berikut 6 tips menjaga keamanan rekening bank sebagaimana dikutip dari postingan akun Instagram @ojkindonesia. 

1. Aktifkan notifikasi SMS transaksi

Jika ada transaksi di rekening Anda baik dana masuk atau keluar, maka Bank akan mengirimkan SMS pemberitahuan ke nomor telepon yang terdaftar ke rekening tersebut.

2. Cek histori rekening atau saldo berkala

Anda dapat mengecek histori rekening atau saldo berkala dengan mudah melalui aplikasi mobile banking atau internet banking tersebut.

Baca juga: Produk Tembakau Alternatif Jadi Opsi Tekan Kebiasaan Merokok

3. Aktifkan fitur verifikasi dua kali

Untuk menjaga keamanan data, amankan perangkat selular Anda dengan mengaktifkan fitur verifikasi dua langkah seperti menggunakan pindai sidik jari atau wajah.

4. Hindari penggunaan wifi publik

Gunakan jaringan internet pribadi dan hindari menggunakan wifi publik atau free wifi untuk melakukan transaksi perbankan.

5. Jaga data pribadi

Jangan pernah memberitahukan User ID, password, kode OTP, PIN rekening, atau nama lbu kandung ke siapa pun, termasuk pihak Bank. Ubah password secara berkala.

Baca juga: PetroChina Dinilai Konsisten Tingkatkan Kompetensi Perajin Batik dan Dorong Literasi di Jambi

6. Berhati-hati saat menggunakan ATM

Pastikan tidak ada benda mencurigakan berupa tempelan alat lain atau nomor telepon Bank yang tidak resmi di mesin ATM untuk menghindari terjadinya skimming.

Jika mengalami kesulitan dalam menggunakan mesin ATM, segera datang ke Bank. Mawas diri terhadap orang di sekitar ATM yang menawarkan bantuan sehingga berisiko bisa mengetahui password atau melakukan kloning kartu Anda.

Baca juga: Peleburan 7 BUMN Karya Ditargetkan Rampung September 2024

Sebagai tambahan, selalu wapada terhadap email atau pesan yang mencurigakan yang mencoba meminta informasi pribadi Anda. Jangan pernah klik tautan atau lampiran dari sumber yang tidak dikenal atau mencurigakan.

Demikian beberapa tips menjaga keamanan rekening bank agar terhindar dari modus penipuan. 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com