Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Bawang Merah di Jambi Masih Mahal

Kompas.com - 19/03/2013, 17:09 WIB
Irma Tambunan

Penulis

JAMBI, KOMPAS.com - Harga bawang di Kota Jambi bertahan tinggi. Sebagian pedagang di Pasar Angso Duo masih menjual bawang merah pada harga Rp 60.000 per kilogram dan bawang putih Rp 48.000.

Pemilik warung sayur, Yati sudah tiga hari terakhir tidak membeli bawang merah maupun putih di Pasar Angso Duo. Harganya masih mahal. Lebih baik tunggu sampai turun dulu, tuturnya, Selasa (19/3/2013).

Menurut Yati, kalangan ibu rumah tangga yang biasa berbelanja di warungnya juga tidak mampu membeli bawang merah dan putih dengan harga yang sangat mahal tersebut. Jika dirinya tetap membeli bawang di pasar, tidak akan laku terjual di warungnya.

Namun kondisi ini berbeda dengan hasil diskusi terbatas instansi terkait di kantor BI, Selasa kemarin. Harga bawang sudah mulai turun, di bawah Rp 50.000 per kg. Daya serapnya pun meningkat. Dalam sehari, pembelian bawang merah mencapai 70 ton, yang mana 20 ton di antaranya dibawa ke luar Kota Jambi.

Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Hortikulura Dinas Pertanian Kota Jambi Rita Ningsih mengatakan akan mengupayakan penanaman bawang pada sejumlah lokasi percontohan. Ini untuk mengatasi melambungnya harga di pasaran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com